Minggu, 28 November 2010

Biodiversity

"Kemenhut Canangkan Pusat Biodiversity

Headline News / Nusantara / Minggu, 28 November 2010 10:06 WIB

Metrotvnews.com, Purwakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin gerakan menanam satu miliar pohon di Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Ahad (28/11).

Presiden SBY bersama Ibu Anu Yudhoyono hadir dalam acara tersebut, didampingi, Wakil Presiden Boediono, Ketua MPR Taufik Kiemas, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan, dan sejumlah anggota Komisi IV DPR.

Dalam sambutannya Menteri Kehutanan memberikan apriesiasi kepada sejumlah tokoh masyarakat yang secara sukarela menjadikan lahan miliknya sebagai bagian dari Pusat Biodiversity terbesar di pulau Jawa seluas 100.000 hektar di kawasan Halimun Salak.

Gerakan menanam satu miliar pohon merupakan upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, dan deforestasi. Di antaranya dengan penanaman hutan dan lahan seluas 1,6 juta hektare. Yang terbagi atas hutan kemasyarakatan dan hutan desa seluas 500 ribu hektare. Penanaman pohon dilakukan secara serentak dibeberapa tempat, yaitu di Sulawasi Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Jawa. (RIE)"





Secara umum saya mengenal Biodiversty dari bacaan tentang lingkungan hidup di website WWF , "http://wwf.panda.org/about_our_earth/biodiversity",dan yang saya dapat adalah bahwa bumi sekarang mengalami kemunduran yang pesat , dimana kehidupan dan jumlah ke anekaragaman hayati di bumi semakin berkurang,maka dari itu mari kita mulai menjaga lingkungan kita dengan MENANAM POHON sebanyak-banyaknya minimal satu orang satu.
Dan menurut saya gerakan Biodiversity yang di lakukan SBY di pulau Jawa tepat sekali , karena sekarang lahan-lahan di pulau Jawa sudah jarang sekali yang memiliki area luas untuk pepohonan dan satwa-satwa.Istilahnya seperti margasatwa,kebanyakan lahan-lahan di pulau Jawa ini sudah di rubah menjadi pusat-pusat Industri dan Perekonomian.Jarang sekali ada proyek seperti ini ,proyek-proyek pelestarian alam.Dan saya sangat mendukung sekali kegiatan ini.Semoga tidak hanya di satu daerah saja proyek diversity ini di canangkan, tapi mencakup seluruh wilayah Indonesia, walapun lahan yang ada sedikit tetapi bila di maksimalkan akan banyak keuntungan yang akan kita dapatkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar